Berita Terkini

SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU TP. 2017/2018

Hari guru nasional dan gebyar maulid nabi muhammad SAW SMP SIMANJAYA

Guru merupakan bagian terpenting dalam mencetak generasi masa depan. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru (Sambutan Bapak Muhajir Efendi pada HGN 2016). Dari ‘tangan-tangan’ beliaulah lahir generasi masa depan yang intelektual. Dari generasi intelektual inilah akan lahir para agent of change yang mampu mengantarkan peradaban bangsa menjadi lebih baik. Oleh karena itu, guru dapat diibaratkan sebagai ujung tombak sebuah negara dan sosok yang mulia.

Di Indonesia, sebagai apresiasi terhadap jasa para guru, setiap tanggal 25 November diperingatilah Hari Guru Nasional (HGN). SMP SIMANJAYA mengadakan GEBYAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW DAN  peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dengan berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional dan lantunan qosidah sholawat nabi dan Yang bertindak sebagai petugas upacara adalah Bapak/Ibu Guru.

Kapala SMP SIMANJAYA, Bapak H. Ismail Fahmi, S.Ag. S.Kom yang bertindak sebagai inspektur upacara  berpesan agar seluruh siswa selalu menghormati seorang guru meskipun guru tersebut tidak  mengajar lagi di sekolah tersebut karena pada dasarnya tidak ada yg namanya mantan guru sampai kapanpun beliau adalah tetap guru kita sehingga sohabat ali bin abi tholib pernah berkata "aku bersedia menjadi budak untuk orang yang telah mengajariku satu huruf"

Setelah kegiatan upacara Hari Guru Nasional dilanjutkan dengan Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW yg diikuti oleh seluruh siswa, setiap kelas yang berjumlah 13 rombel mendelegasikan utusan untuk unjuk kebolehan dalam pembacaan lantunan solawat kepada Rosulullah tentunya hal ini bertujuan agar peringatan hari guru nasional lebih bermakna dan barokah karna bertepatan dg bulan kelahiran nabi sehingga seluruh dewan guru dan santri dijadikan sebagai ummat yg cinta nabi dan juga cinta dengan kelahirannya.

Dalam kesempatan itu pula, setelah selesai upacara dan gebyar maulid, rangkaian kegiatan ditutup dengan refleksi dari Kepala Sekolah dengan acara tasyakuran bersama seluruh karyawan dan guru, Refleksi itu dimaksudkan untuk memberikan semangat para guru dalam memberikan ilmu kepada peserta didik dan selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.(MA)


HAFLAH KHOTMIL IMRITY DAN JUZ AMMA MADIN SMP UNGGULAN SIMANJAYA YAYASAN PONDOK PESANTREN AL FATTAH siman sekaran lamongan

HAFLAH KHOTMIL IMRITY DAN JUZ AMMA MADIN SMP UNGGULAN SIMANJAYA siman sekaran lamongan

Waktu demi waktu berjalan,tak terasa hari raya idul fitri sudah dekat seolah olah ada di depan mata , tapi sebelum itu kegiatan akhir tahun turut menunggu untuk dilaksanakan,khususnya untuk kelas tiga smp unggulan simanjaya ,dimana agenda demi agenda harus dilaksanakn tanpa hari tanpa agenda dan itu merupakan agenda wajib yang harus dilaksanakan mereka baik tes baca kitab tes tahfid wirid tes tahfid tahlil dan haflah akhirisanah yayasan pondok pesantren al fattah sampai pembekalan-pembekalan sebelum menyambut masa peralihan menuju kelas yg lebih tinggi

Untuk kali kedua Khotmul imrity dan juz amma dilaksanakan oleh kelas tiga smp unggulan simanjaya Untuk kali ini Wisudawan berjumlah 65 penghafal nadhom imrity karangan syeh syarifuddim yahya al imrity. Dan mereka begitu antusias dalam menyukseskan acara tersebut. Acara yang digelar pada  hari ahad, 14 mei 2017 kemarin tersebut berjalan dengan lancar sampai akhir.

Beliau Ustd mudzakir ahmad ust imam mahrus ust zainul hafid dan pembina serta dewan guru yg lain mendesain acara tersebut sesederhana mungkn dan berkualitas yang tak lain bertujuan untuk menarik minat penghafal imrity tahun depan dan sebagai bentuk melestarikan keilmuan para ulama salaf di lingkungan pondok pesantren smp unggulan simanjaya yg notabennya adalah sekolah umum yg berani menerapkan kaidah ilmu salaf didalamnya juga  dengan harapan semakin termotifasi dengan acara yang ada dan semakin banyak pula santri yg berkualitas dibidang ilmu ilmu agama.

dalam prosesi acara ini bermodel layaknya acara ceremonial tersebut mempunyai sedikit perbedaan dalam segi Mastering Ceremonialnya menggunakan dua bahasa tidak lain , bhs Indonesia dan bhs Arab Tak kalah seru acara ini untk prtama kalinya para wisudawan dikawal dan dimeriahkan oleh group drumband" LASKAR AL FATTAH JAYA  " SMP SIMANJAGA yang sekaligus Melounching costum baru mereka yang khas (Pakaian orang cina) layaknya Pendrumer provisional biasanya.
Ketika Acara demi acara terlaksana begitu hikmat.

menempati pada pertengahan acara yakni munaqosah (tanya jawab seputar pemahaman nadhom imrity dan praktek baca kitab kuninh) yg dilakukan oleh panelis dan wali murid suasana berubah tepuk tangan dan sorak-sorai para wisudawan memebahana di halaman smp simanjaya itu mendukung masing-masing jagoan(The Best three) mereka dalam munaqosah tersebut tentunya dalam pemilihan tiga wisudawan terbaik seluruh santri wajib mengikuti bebarapa tahap mulai tahap I sampai IV dan pada akhirnya  wisudawan terbaik (the best one) diraih oleh CIKI NURUN MAWADDAH santri asal kecamatan brondong dan berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan, acara ini mendapat dukungan dan sambutan yg baik dr para dewan guru smp simanjaya dan berakhir dengan penutupan yang di tutup oleh bpk H hasan zaki, M.Pd dan untuk kedepannya acara ini dapat dilaksanakan dengan meriah dan berkualitas lagi amin....alhamdulillah.
      
Posted by Abu khan at 25 mei 2017


Ngaji yuk" geliat santri ponpes smp unggulan simanjaya dalam mengail amalan surgawi meraih ridho ilahi,


KEJAYAAN SMP SIMANJAYA SEKARAN TEMBUS FINAL KMNR 2017 DI BOGOR

BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar babak penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia pada Ahad (4/12). Babak penyisihan kompetisi dilakukan di tingkat kabupaten dan kota. KMNR ini merupakan rangkaian dari kegiatan KPM untuk kali yang ke-12.

Pendiri KPM Raden Ridwan Hasan Saputra mengungkapkan, penyisihan KMNR ini diikuti oleh 73.095 peserta. "Mereka berasal dari 1.119 sekolah SD, SMP, dan SMA se-Indonesia," 

Panitia memerinci, kompetisi ini diadakan di 47 kota dan kabupaten yang berasal dari beberapa provinsi, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, dan Bali. KMNR ini diikuti peserta dari kelas 1 SD hingga kelas 11 SMA.

Matematika nalaria realistik (MNR) merupakan dasar-dasar matematika yang diujikan dalam olimpiade matematika internasional.
Banyak peserta yang mengikuti seleksi KMNR merupakan peraih medali emas, perak, dan perunggu di ajang Olimpiade Sains Nasional dan berbagai ajang kompetisi internasional lainnya.

"Artinya, kompetisi ini diminati oleh anak-anak unggul dari berbagai jenjang sekolah," . Kompetisi ini adalah lomba tahunan yang digelar KPM dengan tujuan untuk memotivasi anak-anak Indonesia lebih giat belajar matematika.

Lomba ini pun dilakukan sebagai seleksi siswa yang akan mengikuti lomba International Mathematics Contest yang akan dilaksanakan di Singapura pada Juni 2017. "Keunikan lomba ini adalah bayarannya seikhlasnya,"

Peserta yang lolos dalam babak penyisihan KMNR akan mengikuti babak semifinal pada 29 Januari 2017 di lokasi yang ditunjuk oleh panitia. Bagi peserta yang lolos babak semifinal akan mengikuti babak final pada 16 April 2017.

Pada Kamis (29/9), lebih dari 250 ribu siswa se-Indonesia mengikuti uji pra-Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR). Kegiatan uji soal MNR ini diikuti 250.718 siswa. Mereka tersebar pada jenjang kelas 1 SD hingga 11 SMA/sederajat. Adapun pendaftaran dibuka sejak Agustus 2016 yang tersebar di berbagai wilayah cabang KPM se-Indonesia.

Pada tahun 2016 SMP SIMANJAYA  SEKARAN LAMONGAN berhasil mengirimkan 2 Siswa menembus final diajang final KMNR di ITB Bandung ,dan pada  tahun 2017 ini SMP SIMANAJAYA berhasil berhasil mengirimkan 1 finalis dari siswa atas nama NAILI NAILUL FARIKH dan mengirimkan 2 guru matematika atas nama Bapak M. ILHAM ROSYADI, M. Pd dan Ibu MARATUL LUTHFIYAH, S.Pd. untuk  mengikuti Final KMNR untuk mewakili provinsi jawa timur.
Meskipun pada kesempatan kali ini hasil yang didapat dari finalis KMNR baik dari siswa maupun guru Belem bisa menyabet medali, Tetapi Finalis guru atas nama M.ILHAM ROSYADI, M.Pd dan MARATUL LUTFIYAH, S.Pd bisa menembus 20 besar. Sementara Menurut Keterangan H. ISMAIL FAHMI,S. Ag, S.Kom selaku kepala sekolah SMP SIMANJAYA yg pada kesempatan ini mendampingi FINALIS KMNR Dari SMP SIMANJAYA bahwasanya Final KMNR Memeng ajang yang bergensi yang diikuti sekolah sekolah yang memiliki kualitas  yang bagus, dan diikuti oleh peserta yang pernah mengikuti OLIMPIADE tingkat internasional ,tetapi kami tidak gentar suatu saat nanti SMP SIMANJAYA AKAN MENCATAT SEJARAH DI AJANG KMNR , SMP SIMANJAYA akan terus meningkatkan kualitas baik kepada para siswanya maupun peningkatan kompetensi para pendidik dan tenaga kependidikan nya..SEMOGA SMP SIMANJAYA SEKARAN SEMAKIN KAYA...
(Al-Fath)


SUKSES OLIMPIADE SASTRA MATEMATIKA,IPA DAN AGAMA (OSMI)

SEKARAN – Ajang penjaringan siswa berprestasi dibidang SASTRAmata pelajaran matematika dan IPA  Serta AGAMA tingkat SD/MI bertajuk Olimpiade Sastra Matematika, IPA dan Agama(OSMI) ke-V Se eks-karesidenan Bojonegoro digelar, di SMP SIMANJAYA SEKARAN, Kecamatan Sekaran, Ahad (9/4) kemarin.
Perlombaan tersebut diikuti sebanyak 216 peserta dari perwakilan masing-masing Lembaga setingkat SD/MI se-eks-karesidenan Bojonegoro.
Kepala SMP SIMANAJAYA SEKARAN H.ISMAIL FAHMI.S.Ag.S.Kom dalam sambutan pembukaannya mengatakan, program OSMI ini telah dicanangkan oleh para Civitas serta manajemen di SMP SIMANJAYA SEKARAN
Tujuan dari lomba OSMI, terangnya, adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang mata pelajaran Sastra, IPA, Matematika, dan Agama yang berasaskan pendidikan karakter Pesantren. Serta, dapat menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa pada tingkat sekolah dan kabupaten
“Kegiatan ini juga sekaligus untuk memotivasi siswa agar lebih gemar belajar Sastra Matematika IPA dan Agama.Selain itu juga untuk mendorong sekolah dalam memfasilitasi siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran sastra Matematika dan IPA,”jelas Pak Fahmi.
Bagi peserta terbaik, lanjutnya, akan mendapatkan uang pembinaaan, nantinya akan mendapatkan beasiswa belajar jika  meneruskan sekolah ke SMP SIMANJAYA SEKARAN. Sekaligus, bisa membawa harum sekolah Asal.
“Harapan kami, ajang OSMI ini dapat menciptakan suasana kompetisi yang sehat antar siswa sekolah. Serta, mampu menjaring siswa yang unggul di bidang Sastra Matematika IPA dan Agama guna terwujudnya kemajuan persatuan dan kesatuan bangsa di masa kini dan yang akan datang,”tutupnya. (Kun umar)